Tanda-tanda Aki Mobil Mulai Soak dan Wajib Diganti
Hal yang paling sering dialami pemilik mobil adalah telat mengantisipasi accu alias aki soak atau habis.
Accu atau aki adalah salah satu komponen kendaraan yang sangat vital pada mobil atau motor.
Ketika aki mulai soak, maka sudah pasti akan sangat mengganggu kinerja kendaraan itu sendiri.
Sebab aki ini adalah komponen yang memberikan daya atau menyuplai listrik untuk komponen-komponen mobil lainnya.
Bahkan aki adalah komponen yang membuat mobil bisa distarter. Jika aki habis, maka sudah pasti mobil tidak akan bisa dinyalakan alias mogok.
Baca: 5 Fungsi Oli Mobil yang Wajib Anda Ketahui
Tanda-tanda Aki Mobil Soak atau Habis
Lalu, bagiamana cara kita mengetahui apakah aki mobil sudah mulai habis atau soak? Kapan kita harus menggantinya? dan Berapa lama masa pakai aki mobil tersebut? Simak ulasannya dari kami awambicara otomotif.Mobil Tidak Bisa Distarter
Untuk mengetahui tanda-tanda aki mobil sudah mulai soak sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Tanda-tanda yang paling umum terjadi adalah mobil tidak bisa distarter.Terkadang kita perlu menstarternya sampai beberapa kali, karena mobil tidak mau nyala saat sekali distarter.
Nah, saat aki mobil benar-benar sudah habis atau dalam kondisi yang sudah sangat parah, maka ketika kita menstarter mobil biasanya akan didahului dengan bunyi tek-tek-tek atau ngek-ngek.
Lampu-lampu Mobil Mulai Redup
Berikutnya tanda-tanda yang terjadi ketika aki mobil mulai soak atau habis adalah pada saat nyala lampu mobil mulai redup.Lampu mobil adalah komponen kendaraan yang berhubungan langsung dengan kelistrikan atau aki mobil.
Jadi, cara yang paling mudah untuk melihat apakah aki mobil mulai soak atau habis adalah dengan menyalakan lampu mobil tanpa menghidupkan mesin.
Nah, jika terasa lampu mobil menyala tidak terlalu terang, maka dapat dipastikan aki mobilnya bermasalah dan siap untuk diganti.
Baca: Lakukan Ini Saat Mesin Mobil Overheat di Jalan
Bunyi Klakson Tidak Begitu Nyaring
Gejala lainnya yang menunjukkan aki mobil mulai soak dan habis selain sulit distarter, nyala lampu yang kurang terang adalah bunyi klaskson mobil yang tidak nyaring.Klakson hampir sama dengan lampu mobil, berhubungan langsun dengan aki mobil. Saat mesin kendaraan belum dinyalapun klakson mobil bisa berfungsi.
Jadi kita bisa mengetes apakah aki mobil mulai soak atau habis adalah dengan menyalakan klakson sebelum mesin mobil dinyalakan, apakah suaranya nyaring normal seperti biasa, atau mulai tidak nyaring/ fals.
Usia Aki Mobil
Selain susah distarter, nyala lampu yang mulai redup, dan suara klakson yang tidak nyaring lagi, kita juga bisa memperkirakan aki mobil sudah mulai soak atau habis dengan mengetahui berapa usia aki tersebut.Ingat-ingat kapan terkahir kali kita mengganti aki mobil tersebut. Atau jika tidak bisa mengingatnya, kita bisa mengeceknya dengan cara melihat fisik aki mobil tersebut.
Biasanya dibody aki mobil, tertulis tanggal, bulan dan tahun aki mobil tersebut dibeli dan dipasang.
Nah, apabila sudah lebih dari 1,5 tahun, maka aki mobil tersebut sudah wajib untuk diganti, karena memang sudah mendekati ajalnya.
Baca: Perbedaan Dinamo Starter dan Dinamo Ampere pada MobilPergantian aki sebetulnya tidak harus menunggu sampai aki benar-benar tekor atau pada saat mobil mogok.
Kita bisa mengganti aki mobil apabila kita telah mulai mengalami tanda-tanda seperti yang tersebut diatas.
Bahkan akan lebih baik jika kita langsung melakukan pengecekan dan segera mengganti aki mobil kita dengan yang baru.
Sebab, apabila kita lengah atau membiarkan aki mobil dalam keadaan kurang prima atau seok, maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen mobil yang lainnya.
Cara yang paling bagus untuk mengantisipasi aki soak adalah pada saat service mobil berkala yang kita lakukan.
Nah, pada saat service berkala kita bisa lakukan pengecekan kondisi aki/ baterai dengan baterai tester atau aki tester.
Disana akan terlihat kondisinya seperti apa, apakah merah, kuning, atau hijau. Jika merah maka wajib diganti, kuning segera diganti dan hijau masih layak pakai.